07 Desember 2020 10:11:20
Ditulis oleh Admin

Penerapan Tanda Tangan Elektronik di Desa Ketodan

www.ketodan-jatirogo.desa.id - Pada Desember 2020 Pemerintah Desa Ketodan secara resmi sudah menerapkan pelayanan surat-menyurat dengan Tanda Tangan Elektronik (TTE), yang diprakarsai oleh Diskominfo Kabupaten Tuban.

            TTE tersebut berfungsi sebagai pengganti tanda tangan dan setempel manual seperti biasanya tetapi sah secara hukum sesuai dengan BSE ( Balai Sertifikat Elektronik ), yang tertuang dalam UU ITE No. 11 Tahun 2008 Pasal 5 ayat 1 “Informasi elektronik dan/ atau Dokumen elektronik dan/ atau hasil cetaknya merupakan alat bukti hokum sah”.

            TTE juga memudahkan bagi masyarakat yang menginginkan pelayanan publik untuk tandan tangan Kepala Desa yang cepat, yang mana terkadang terkendala menunggu kehadiran Kepala Desa yang bersangkutan. Namun dengan hadirnya TTE ini masyarakat bisa dengan cepat meminta pelayanan surat yang bertanda tangan Kepala Desa karena TTE ini terintegrasi langsung dengan gawai Kepala Desa.

            Untuk mengetahui keaslian dokumen surat tersebut bisa dilakukan dengan cara mengunduh aplikasi Tuban Smart City di play store android dan memindai QR bagian pojok kiri atas dokumen tersebut, jika hasil pindai sah maka bisa terbaca dokumen tersebut.

            Harapan kedepannya adalah Pemerintah Desa Ketodan secepatnya memiliki APM (Anjungan Pelayanan Mandiri) yang bisa beroperasi kapanpun dibutuhkan. APM ini adalah Pelayanan surat-menyurat masyarakat yang membutuhkan seperti surat keterangan, surat pengantar dll yang terintegrasi dengan TTE. Sehingga pelayanan masyarakat bisa semakin cepat dan diutamakan. Adapun syarat utama APM ini nantinya adalah pemohon sudah ber E-KTP untuk selanjutnya bisa mendaftarkan ke operator desa. (DRw)



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus