20 Februari 2019 18:15:45
Ditulis oleh Admin

Pinjaman Ringan untuk Kelompok Tani Desa Ketodan

www.ketodan-jatirogo.desa.id – Pada Hari Jum’at tanggal 15 Pebruari 2019 jam 14.00 WIB di Balai Desa Ketodan diadakan pencairan pinjaman kredit ringan oleh Bank BNI yang diwakili oleh Pak NAIL kepada anggota kelompok tani (PokTan) Desa Ketodan. Kegiatan tersebut terselenggara dengan lancar karena memang pada hari sebelumnya sudah diadakan sosialisasi mengenai persyaratan dan hal-hal yang harus  dipenuhi dalam pencairan tersebut.

Dengan adanya kegiatan seperti ini dirasa sangat membantu bagi para anggota Kelompok Tani (PokTan) apalagi dengan bunga ringan dan waktu pelunasan dengan sistem musiman. Kelompok Tani di Desa Ketodan ada tiga kelompok diantaranya Kelompok Tani Sumber Rajeki (Ketua Munandir), Kelompok Tani Sari Bumi (Ketua Suparlan) dan Kelompok Tani Tondanan (Ketua Suparmin). Meskipun tidak semua yang menginginkan pinjaman ini karena selain karena dirasa mampu juga tidak lengkapnya dokumen sebagai syarat memperoleh pinjaman tersebut.

Meskipun kegiatan tersebut dirasa sangat bermanfaat namun terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh para petani antara lain: tidak semua petani yang ada di Desa Ketodan masuk menjadi anggota kelompok tani, data pribadi seperti KK dan KTP masih belum terupdate, mahalnya  pupuk/obat-obatan pertanian terkadang malah petani mengalami kesulitan dalam perolehannya, dan harga jual hasil pertanian yang terkadang dirasa sangat murah. - (Didik)


image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus